Kampung Batik Kauman

Kampung batik Kauman Solo

Batik Solo sudah dikenal hingga seluruh dunia. Oleh karena itu, satu hal yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Solo adalah melihat berbagai kerajinan batik di Kampung Batik Kauman – Solo, Jawa Tengah.

Kampung Batik Kauman

kampung batik kauman solo 761x400 - Kampung Batik Kauman

Menurut sejarah, penduduk Kampung Batik Kauman merupakan abdi dalem yang dilatih membuat jarik dan selendang batik. Maka itu, motif batik khas Kampung Kauman adalah motif pakem klasik, di mana penduduk lokal menyebutnya batik tulis. Motif tersebut sering dipakai oleh keluarga keraton.

Batik Kauman Memiliki 3 Jenis Batik Yaitu Batik Klasik, Cap dan Kombinasi

Kota Solo memiliki daya tarik yang khas sebagai kota tujuan wisata di Jawa Tengah Indonesia. Antara lain, sebuah kampung bernama Kauman yang berisi aset-aset warisan yang diakui dunia, yaitu batik. Di Kampung Batik Kauman, tak jauh dari Pasar Klewer, ini terdapat produksi batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi (tulis dan cap) khas Solo. Kampung ini terletak di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

 

kampung batik kauman - Kampung Batik Kauman

 

Kauman dijadikan kampung wisata batik di Solo sejak 2006 lalu. Sebagai kampung wisata, kampung ini juga menyediakan berbagai tempat yang dapat dikunjungi wisatawan, meliputi: rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, penelitian dan pengembangan produk batik, serta museum koleksi batik. Menurut sejarah Kampung Batik Kauman dulunya adalah pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan dengan mempertahankan tradisi dengan cara membatik.

Motif Batik Kampung Batik Kauman

Dibandingkan dengan Laweyan, Batik Kauman lebih menampilkan motif batik klasik yang didasarkan pada pakem atau standar keraton. Bisa dikatakan motif batik Kauman lebih merepresntasikan motif batik yang dikenakan di Keraton Kasunanan. Terdapat lebih dari 30 industri batik di Kampung Batik Kauman sehingga Anda memiliki banyak pilihan untuk membeli batik Solo di tempat ini.

Keunikan Kampung Batik Kauman

Keunikan yang ditawarkan di Kampung Batik Kauman adalah pengunjung dan penjual batik bisa berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan mengunjungi rumah industri batik mereka dan melihat proses produksi batik serta belajar membatik. Harganya, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Selain batik, kampung wisata ini juga didukung berbagai toko seperti toko busana Muslim, toko kerajinan tangan, dan toko buku.

Jika Anda tertarik berkeliling ke Kampung Batik Kauman sebaiknya Anda berjalan kaki atau naik becak karena akses jalan di kampung ini berupa gang-gang sempit. Dengan berjalan kaki Anda bisa menikmati bangunan tua dengan gaya arsitektur Jawa-Belanda, rumah joglo dan limasan. Untuk menjangkau lokasi Kampung Batik Kauman tersedia berbagai sarana transportasi.

 

Tips berwisata di Solo :

  • Jika anda pelancong dari luar daerah usahakan menggunakan jasa sewa mobil dengan driver / supir karena mengenal  daerah setempat. Karena akan lebih memudahkan anda untuk bergerak ke tujuan wisata anda
  • Berperilaku sopan saat bertanya ke penduduk setempat.
  • Periksa kembali barang bawaan anda saat akan berangkat
  • Bawa perlengkapan P3K secukupnya
  • Hindari jalan yang rawan macet dan patuhi rambu lalu lintas
  • Periksa harga tiket masuk tempat wisata yang akan anda kunjungi di internet

 

Jangan lupa ya, kalau mau  jalan jalan dengan sewa  mobil di Solo, hubungi Damai Rent CarSewa Mobil SoloRental Mobil Solo.

Griyan, Jl. Ketupat II No.6, RT.03/RW.01, Baturan, Colomadu, Karanganyar Regency, Central Java 57171, Phone: +6285106170004

 

Baca juga Damai blog.

Flash Info : Buat yg mau mudik lebaran 2021 tersedia sewa mobil lebaran.

Tinggalkan Balasan